Strategi ampuh menaklukkan sesi FGD

  • 27, Jan 2024
  • 0 Comments
Blog Image

1. Public Speaking

Pasti kamu sering mendengar kalau kemampuan komunikasi atau public speaking itu penting! Kemampuan public speaking memang memiliki pengaruh yang sangat besar dalam proses seleksi. Apalagi pada saat FGD karena kamu harus berkompetisi dengan kandidat lain melalui penyampaian ide, opini, solusi, dan gagasan kreatif. Sedalam apapun pengetahuan yang dimiliki, jika tidak dapat dikomunikasikan dengan baik, maka pesannya tidak akan tersampaikan. Maka dari itu, penting banget nih menginvestasikan waktu kamu untuk latihan public speaking.

2. Expand Knowledge

Public speaking tanpa ilmu sama saja seperti omong kosong. Maka dari itu, selain mengasah kemampuan public speaking, kamu juga harus mengimbangi wawasan dan ilmu pengetahuan yang dimiliki. Gimana caranya? Sangat dianjurkan untuk kamu memaknai tema YLEC kali ini, mencari tahu dan memperbaharui isu-isu hangat di sekitar kamu, serta membaca artikel atau hasil riset yang relevan.

Ilmu yang kamu peroleh dari proses memperdalam wawasan ini tidak akan sia-sia dan berguna dalam jangka waktu yang panjang lho! So, jangan malas baca dan mendengarkan berita terbaru ya!

3. Critical Thinking

Kemampuan critical thinking erat kaitannya dengan cara kamu memproses sebuah informasi yang diperoleh. Berdasarkan artikel LSPR (2023), critical thinking merupakan proses berpikir yang terdiri dari pemecahan masalah, pengumpulan informasi, hingga analisis data secara sistematis untuk memperoleh pemahaman mendalam terkait sebuah permasalahan.

Nah, kemampuan ini bisa kamu asah dengan memperbanyak bertanya, sederhananya menggunakan alat bantu 5W+1H, memahami berbagai sudut pandang, melakukan perbandingan, mendapatkan data, dan diskusi dalam peer group. Jika kamu menguasai kemampuan ini, kamu dapat memberikan gagasan yang lebih logis dan substantif

4. Problem Solving

Problem solving atau kemampuan memecahkan masalah masih memiliki sangkut paut dengan critical thinking lho! Dari pemahaman dan identifikasi masalah yang mendalam terhadap kasus, kamu akan menemukan sebuah solusi yang menjadi gagasan kamu untuk beropini di sesi FGD nanti. Pastikan solusi yang kamu berikan adalah solusi realistis dan menginternalisasikan inovasi serta kreativitas di dalamnya ya!

5. Multitasking & Time Management

Kenapa multitasking diperlukan? Pada sesi FGD ada beberapa posisi yang perlu kamu perankan seperti moderator, notulen, timekeeper, dan peserta. Misalnya moderator, kamu harus mampu mengerjakan dua atau lebih tugas sekaligus yaitu memastikan forum berjalan dengan lancar, sesuai dengan topik, menghidupkan suasana forum, dan menyampaikan pendapat pribadi. 

Tak hanya itu kamu juga perlu mengelola waktu saat beropini. Berikan pendapatmu dengan jelas, padat, dan sesuai waktu yang telah disepakati dalam forum. Dengan mengelola waktu, kamu memberikan kesempatan kepada orang lain untuk beropini juga lho!

6. Empathy & Teamwork

Meskipun FGD mengharuskan kamu untuk berkompetisi dengan peserta lain, di sisi lain kamu perlu mengedepankan kemampuan teamwork atau kerja sama tim. Hal ini didasarkan pada kesamaan tujuan yaitu untuk menyelesaikan kasus yang dihadapi. Dalam menyelesaikan kasus, sikap empati juga diperlukan agar kamu dapat memposisikan diri kamu sebagaimana mestinya.

 

Dari 6 kemampuan yang disebutkan, kamu sudah menguasai skill yang mana aja nih?

Yuk, asah kemampuan ini untuk menaklukkan sesi FGD!

Nikmati prosesnya dan berikan usaha terbaikmu di setiap tahapan seleksi ya!

Sampai jumpa di FGD!

Tonton tips lainnya di instagram kami

Share on:
Author Images
Author

Copywriter GoldNation

0 Comments

Belum ada komentar blog

Leave Your Comment Here

Silahkan login terlebih dulu untuk memberikan komentar.

Silahkan chat dengan tim kami Admin akan membalas dalam beberapa menit
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...
Mulai chat...